Pengertian dan Jenis Kerajinan Bahan Lunak Berserta Contohnya

Pengertian dan Jenis Kerajinan Bahan Lunak Berserta Contohnya – kembali lagi dengan blog yang berisi berbagai ilmu pengetahuan baik tentang teknologi masa kini dan pelajaran-pelajaran disekolah. tentunya saat ini masuk pada tahun ajaran baru bagi siswa-siswi yang duduk dibangku SD, SMP, hingga SMA.

Pengertian dan Jenis Kerajinan Bahan Lunak Berserta Contohnya

Tutorialaplikasi – dalam artikel kali ini admin akan membahas tentang suatu kerajianan masa kini yang cukup Populer yakni Pengertian dan Jenis Kerajinan Bahan Lunak Berserta Contohnya. disekolah tentunya teman-teman semua akan menemui mata pelajaran yang satu ini, sehingga penting bagi admin untuk membagikan informasi Pengertian dan jenis kerajinan bahan lunak, Jenis bahan lunak, macam-macam bahan lunak, dan contoh bahan lunak ini khusus untuk teman-teman semua. simak ulasan lengkapnya sebagai berikut:

Pengertian dan Jenis Kerajinan Bahan Lunak Berserta Contohnya

Pengertian Bahan Lunak Alami dan Bahan Lunak Buatan

Secara harafiah, jenis bahan dasar produk kerajinan dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu produk kerajinan dari bahan lunak dan produk kerajinan dari bahan keras. Beberapa kerajinan bahan lunak serta pengemasannya akan diuraikan secara singkat pada penjelasan berikut ini. kerajian bahan lunak dibagi menjadi 2, yakni kerajinan bahan lunak alami dan kerajinan bahan lunak buatan.

1.  Bahan Lunak Alami

Pengertian Bahan lunak alami yakni bahan lunak yang diperolah dari alam sekitar dan cara pengolahannya juga secara alami tidak dicampur maupun dikombinasi dengan bahan buatan. Contoh bahan lunak alami yang kita kenal adalah tanah liat, serat alam, dan kulit.

Baca :

Contoh Daftar Riwayat Hidup CV (Curriculum Vitae) Tulis Tangan 2017

Tutorial Cara Membuat Slime yang Mudah dipraktikkan

2.  Bahan Lunak Buatan

Pengertian Bahan Lunak Buatan yakni Bahan lunak buatan adalah bahan untuk karya kerajinan yang diolah menjadi lunak. Beragam karya kerajinan dari bahan lunak buatan dapat dibuat berdasarkan bahan yang digunakan. Bahan-bahan yang digunakan bisa berupa bubur kertas, gips, fiberglas, lilin, sabun, spons, dan sebagainya.

Jenis Kerajinan Bahan Lunak dan Contoh Kerajinan Bahan Lunak

Produk kerajinan dari bahan lunak sangat beragam, mulai dari karya kerajinan yang digunakan untuk kebutuhan fungsi pakai dan karya kerajinan untuk hiasan. Berikut ini contoh produk kerajinan dari bahan lunak :

1.  Kerajinan Tanah Liat

merupakan sebuah karya yang menggunakan bahan dasar tanah liat. kerajinan tanah liat biasa dikenal dengan kerajianan keramik. kerajianan ini melalui beberapa tahap diantaranya  (dipijit, butsir, pilin, pembakaran dan glasir) sehingga menghasilkan barang atau benda pakai dan benda hias yang indah.

loading...

bahan semi keras adalah

Contohnya: gerabah, vas bunga, guci, piring. Berikut contoh kerajinan gerabah dan keramik.

2.  Kerajinan Kulit

Kerajinan kulit ini menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah di samak, kulit mentah atau kulit sintetis.

contoh bahan lunak

Contohnya: tas, sepatu, wayang, dompet, jaket. Kulit yang dihasilkan dari hewan seperti: sapi, kambing, kerbau, dan buaya dapat dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan.

3.  Kerajinan Gips

Kerjianan Gips termasuk bahan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang lama jika sudah menjadi padat. Kandungan gips terdiri atas jenis zat hidrat kalsium sulfat dan beberapa mineral seperti: karbonat, borat, nitrat, dan sulfat yang dapat terlepas sehingga gips dalam proses pengerasan akan terasa panas. Prosesnya harus dicairkan dahulu jika ingin bentuk seperti yang diinginkan, harus dibuat cetakan. Jika akan diproduksi dalam jumlah banyak, harus dibuat model terlebih dahulu.

4.  Kerajinan Sabun

Bahan yang diperlukan dari kerajinan sabun ini adalah sabun batangan. Sabun dapat diolah dengan dua cara. Pertama: mengukir sabun yang menghasilkan karya seperti: binatang, buah, dan flora ukiran. Kedua, membentuk sabun, yaitu: sabun diparut hingga menjadi bubuk, dicampur dengan sagu dan sedikit air, lalu dibuat adonan baru seperti membuat bentuk dari plastisin. Berikut contoh produk kerajinan dari bahan sabun.

karakter bahan lunak

5.  Kerajinan Lilin

Kerajinan lilin ini menggunakan bahan dasar dari kulit yang sudah di samak, kulit mentah atau kulit sintetis.

macam macam bahan lunak buatan

Contohnya: tas, sepatu, wayang, dompet, jaket. Kulit yang dihasilkan dari hewan seperti: sapi, kambing, kerbau, dan buaya dapat dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan.

6.  Kerajinan Serat Alam

Kerajinan Serat Alam merupakan Bahan-bahan serat alam dapat menghasilkan kerajinan tangan yang beraneka ragam, Teknik pembuatan kerajinan dari serat alam ini sebagian besar dibuat dengan cara menganyam.

Contoh dari kerajinan serat alam adalah tas, dompet, topi, alas meja, tempat lampu.

Sekian artikel mengenai Pengertian dan Jenis Kerajinan Bahan Lunak Berserta Contohnya, semoga dapat membantu teman-teman dalam menjawab pertanyaan mengenai apa pengertian bahan lunak, apa jenis-jenis bahan lunak berserta contohnya. kurang dan lebihnya admin mohon maaf. Terima Kasih 🙂

Pengertian dan Jenis Kerajinan Bahan Lunak Berserta Contohnya | murni dinianti | 4.5